Software Akuntansi Indonesia

  Perangkat lunak akuntansi tidak hanya melacak keuangan Anda dan mengkategorikan pengeluaran Anda untuk waktu pajak. Beberapa rencana dan program perangkat lunak, seperti rencana tingkat tertinggi Xero, juga akan membantu Anda mempersiapkan pertumbuhan di masa mendatang dengan fitur perkiraan dan penganggaran yang membantu Anda menentukan cara terbaik untuk memenuhi tujuan keuangan masa depan Anda.

  Selain terhubung ke rekening bank untuk mengimpor dan mengkategorikan transaksi bank Anda secara real time, perangkat lunak akuntansi juga memungkinkan Anda mendokumentasikan pengeluaran lain, termasuk pengeluaran karyawan untuk penggantian biaya. Sebagian besar, perangkat lunak akuntansi mendukung pemindaian dan pengunggahan tanda terima secara real time sehingga Anda selalu memiliki catatan keuangan yang akurat di ujung jari Anda.

  Meskipun sebagian besar perangkat lunak akuntansi seharusnya menawarkan penerimaan pembayaran online dengan setiap paket, beberapa juga memberi Anda kemampuan untuk membayar tagihan Anda sendiri langsung dari akun Anda. Untuk sebagian besar, manajemen tagihan dianggap sebagai fitur yang lebih canggih yang hanya tersedia pada paket tingkat menengah dan layanan akuntansi yang lebih mahal.

  Idealnya, perangkat lunak akuntansi harus menawarkan integrasi bawaan dengan perangkat lunak bisnis penting lainnya. Integrasi yang paling umum adalah dengan perangkat lunak penggajian, aplikasi pelacakan waktu, dan solusi e-commerce, tetapi perangkat lunak akuntansi juga dapat terintegrasi dengan CRM, penagihan, penganggaran, SDM, dan aplikasi perangkat lunak pihak ketiga lainnya.

  Beberapa penyedia, termasuk Wave Accounting, menawarkan integrasi bawaan yang terbatas, meskipun Anda dapat mengintegrasikan aplikasi apa pun yang Anda inginkan dengan solusi pihak ketiga seperti Zapier. Solusi akuntansi lainnya, seperti Xero, menawarkan lebih dari 1.000 integrasi pihak ketiga yang dapat disinkronkan dengan mudah ke perangkat lunak akuntansinya.

  Sebagian besar perangkat lunak akuntansi modern kini menyertakan aplikasi seluler untuk memudahkan pelacakan keuangan saat bepergian. Bergantung pada aplikasinya, Anda seharusnya dapat melihat ikhtisar singkat tentang kesehatan keuangan Anda, melacak pengeluaran, mengirim faktur, menerima pembayaran, dan melihat laporan keuangan dasar dari ponsel atau tablet Anda.

  Secara umum, perangkat lunak akuntansi yang paling terjangkau untuk pekerja lepas, wirausahawan tunggal, dan pemilik usaha kecil lainnya dimulai dari $0 hingga $25 per bulan untuk paket dasar. Paket tingkat menengah biasanya berharga antara $50 dan $80 per bulan, dan paket yang paling mahal umumnya berkisar antara $150 dan $250 per bulan.

  Tentu saja, semakin banyak fitur yang ditawarkan perangkat lunak akuntansi Anda dan semakin banyak pengguna yang didukungnya, semakin mahal tagihan bulanan Anda. Sebagian besar (meskipun tidak semua) penyedia perangkat lunak akuntansi menawarkan beberapa paket sehingga perusahaan yang sedang berkembang akan beralih ke paket perangkat lunak yang lebih besar seiring pertumbuhannya.

  Pemilik tunggal dan PT baru mungkin tidak memiliki anggaran untuk akuntan publik paruh waktu atau akuntan internal penuh waktu. Perangkat lunak akuntansi dapat membantu pemilik bisnis baru membangun fondasi keuangan mereka tanpa mengharuskan mereka mengeluarkan biaya melebihi anggaran.

  Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud memudahkan pembagian data yang mudah dan aman antara pemangku kepentingan keuangan bisnis Anda. Sebagian besar perangkat lunak akuntansi menyediakan akses gratis untuk akuntan Anda dan memungkinkan beberapa pengguna dengan izin yang dapat disesuaikan, yang berarti departemen dapat mengakses halaman keuangan yang sama dengan relatif mudah.

  Ditambah lagi, dengan perangkat lunak otomatis, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam seminggu untuk memasukkan biaya ke dalam sel spreadsheet atau bersusah payah memperbarui bagan akun. Sebaliknya, perangkat lunak Anda akan melakukan pekerjaan berat sehingga Anda dapat tetap mengelola operasi bisnis harian dan memperluas margin keuntungan Anda.

  Perangkat lunak akuntansi terbaik bertujuan untuk menyederhanakan proses akuntansi yang rumit bagi mereka yang bukan akuntan, tetapi itu tidak berarti prinsip-prinsip dasar akuntansi mudah dipahami begitu saja. Ditambah lagi, perangkat lunak itu sendiri mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri, yang berarti Anda harus meluangkan waktu untuk mengaturnya dan membiasakan diri dengan antarmukanya.

  Menemukan perangkat lunak akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda dapat menjadi proses mendalam yang mengharuskan Anda menginvestasikan banyak waktu dan energi di awal. Namun, upaya untuk menemukan perangkat lunak akuntansi terbaik untuk situasi unik Anda akan sepadan dengan usaha yang dikeluarkan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai.

  Misalnya, apakah Anda seorang pekerja lepas berbasis layanan yang membutuhkan penagihan seluler dan kategorisasi pengeluaran yang solid untuk pelaporan pajak akhir tahun yang lebih mudah? Apakah perusahaan milik Anda yang beranggotakan banyak orang membutuhkan perangkat lunak kolaboratif yang memfasilitasi komunikasi antar pemangku kepentingan? Apakah Anda seorang pemilik bisnis pemula yang mencari solusi sederhana dengan kurva pembelajaran yang relatif rendah dan beberapa opsi paket sehingga Anda dapat meningkatkan skala ke perangkat lunak dengan lebih banyak fitur seiring pertumbuhan Anda?

  Setelah Anda mengetahui secara umum apa yang Anda inginkan dari sistem akuntansi Anda, akan lebih mudah untuk mempersempit fitur perangkat lunak mana yang Anda perlukan untuk memenuhi sasaran bisnis Anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini kepada diri Anda untuk mengetahui fitur akuntansi apa yang Anda perlukan untuk disertakan dalam perangkat lunak Anda:

  Daripada memeriksa sendiri ratusan opsi potensial, lihatlah ulasan perangkat lunak akuntansi populer untuk bisnis seperti milik Anda. Panduan kami tentang perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis kecil dapat membantu Anda memulai.

  Sebagian besar perusahaan perangkat lunak akuntansi menawarkan uji coba gratis. (Standar industri biasanya 30 hari atau satu bulan gratis.) Pastikan untuk membaca ketentuan yang tertera saat Anda mendaftar: Beberapa perangkat lunak mengharuskan Anda memasukkan kartu kredit yang akan ditagih secara otomatis jika Anda tidak membatalkannya pada tanggal tertentu.

  Solusi akuntansi tingkat perusahaan cenderung tidak menawarkan uji coba gratis. Sebaliknya, pihak yang berminat harus menjadwalkan demo gratis dengan perwakilan penjualan. Selama demo, Anda akan dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang bagaimana perangkat lunak tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda.

  Namun, penting untuk diingat bahwa kebutuhan perangkat lunak keuangan bisnis Anda akan berubah seiring waktu. Jika perangkat lunak akuntansi Anda saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan Anda, Anda selalu dapat beralih ke penyedia lain yang fiturnya lebih sesuai dengan jalur pertumbuhan Anda.

Software Akuntansi Indonesia

  Intuit QuickBooks Online adalah salah satu layanan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud terpopuler yang digunakan oleh bisnis skala kecil, menengah, dan besar di seluruh dunia. Solusi akuntansi berbasis cloud populer lainnya termasuk Sage Intacct, Xero, FreshBooks, NetSuite, dan Zoho Books.

  Zoho Books adalah salah satu solusi akuntansi yang paling lengkap dan dapat diskalakan untuk bisnis kecil. Buku besar dan bagan akunnya ideal untuk pemilik bisnis kecil yang baru mengenal pembukuan, dan menawarkan cukup banyak paket untuk mendukung bisnis yang berkembang dari perusahaan rintisan hingga perusahaan multi-entitas.

  Namun, perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis Anda bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Meskipun Zoho Books mungkin cocok untuk perusahaan lain, program akuntansi ideal Anda mungkin berupa solusi mendalam seperti Sage Intacct atau perangkat gratis seperti Wave.

  Kylie McQuarrie telah menulis tentang bisnis kecil, penggajian, dan keuangan selama sepuluh tahun. Sambil menyelesaikan gelar masternya dalam bahasa Inggris, ia juga mengajarkan tulisannya kepada bisnis kecil yang kesulitan menjangkau pelanggan di Kanada, AS, dan Australia. Sejak saat itu, ia menekuni karier menulis profesional dengan fokus pada penggajian dan akuntansi bisnis.

  Mengelola keuangan bisnis adalah pekerjaan yang menantang dan menyita waktu, terutama bagi pemilik usaha kecil yang harus mengerjakan semuanya sendiri. Selain itu, tidak ada dua bisnis yang memiliki kebutuhan akuntansi yang sama. PCMag telah menguji dan menilai perangkat lunak akuntansi selama lebih dari 20 tahun. Di sini, kami mengevaluasi aplikasi akuntansi terbaik untuk bisnis kecil berdasarkan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan biayanya. Dua produk menonjol sebagai pemenang Pilihan Editor: FreshBooks untuk bisnis berbasis layanan atau mereka yang memiliki kebutuhan pelacakan produk sederhana, dan Intuit QuickBooks Online untuk UKM dengan persyaratan akuntansi yang lebih rumit. Pastikan untuk membaca ulasan mendalam kami tentang semua aplikasi akuntansi bisnis kecil di bawah ini dan gulir melewati daftar untuk ikhtisar tentang semua yang harus Anda ketahui tentang memilih perangkat lunak terbaik untuk Anda.

  Delapan aplikasi akuntansi usaha kecil mendapat skor cukup tinggi untuk masuk dalam daftar ini. Solopreneur ($20 per bulan) menargetkan pemilik tunggal seperti pekerja lepas dan kontraktor independen, sementara Wave Pro ($16 per bulan) yang lebih canggih dapat menangani usaha yang sangat kecil dengan karyawan. Enam aplikasi lainnya lebih mahal ($30 hingga $99 per bulan), kaya fitur, dan dapat disesuaikan. Aplikasi ini menargetkan usaha kecil yang lebih besar yang mungkin memiliki beberapa karyawan. Masing-masing memiliki beberapa tingkatan layanan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang bervariasi dalam ukuran dan kompleksitas.

  Pembukuan keuangan itu rumit dan menyita waktu. Pemilik bisnis merasa cukup sulit untuk melakukan hal-hal mendasar—membayar tagihan dan melacak pendapatan yang masuk—apalagi menjawab pertanyaan penting seperti, "Apakah kita menguntungkan, dan mengapa atau mengapa tidak?" Apakah kita akan memiliki cukup uang untuk melakukan pembayaran pajak yang diwajibkan tepat waktu? Haruskah kita berinvestasi pada peralatan baru? Apakah kita perlu mencari pembiayaan? Dapatkah staf yang tepat mengakses data akuntansi Anda jika mereka harus bekerja dari rumah?

  Layanan akuntansi bisnis kecil yang baik memberi Anda informasi yang membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini berdasarkan masukan yang Anda berikan. Setelah Anda mengisi layanan dengan rincian tentang akun keuangan, pelanggan dan vendor, serta produk atau layanan yang Anda beli dan jual, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk membuat transaksi yang akan menagih pelanggan, membayar tagihan, dan melacak pembayaran yang masuk. Alat pencarian instan dan laporan yang dapat disesuaikan membantu Anda melacak detail terkecil dan melihat ikhtisar tentang kinerja bisnis Anda. Aplikasi seluler dan situs web memberi Anda akses ke keuangan Anda dari mana pun Anda berada.

  Bergantung pada berapa lama bisnis Anda telah beroperasi, memulai layanan akuntansi bisnis kecil dapat memakan waktu mulai dari lima menit hingga beberapa jam setelah Anda mendaftar akun. Sebagian besar menawarkan uji coba gratis atau akun demo, dan hanya mengenakan biaya berlangganan bulanan setelah Anda siap berkomitmen. Secara umum, semakin banyak yang Anda butuhkan dari suatu layanan akuntansi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkannya dan semakin tinggi pembayaran bulanannya.

  Penyiapan awal melibatkan pembuatan akun dan menjawab pertanyaan tentang jenis bisnis dan tahun fiskal Anda. Beberapa aplikasi mendorong Anda untuk memasukkan catatan atau membuat transaksi untuk memulai. Sebaiknya Anda juga menelusuri pengaturan perangkat lunak akuntansi. Misalnya, apakah Anda berencana untuk menggunakan fitur tertentu seperti pelacakan inventaris dan pesanan pembelian? Anda biasanya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan alat, yang dapat membantu Anda menyederhanakan antarmuka pengguna atau memaksimalkan fungsinya.

  Berikutnya, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin mengakses transaksi dari akun keuangan daring Anda (giro, kartu kredit, dan sebagainya). Setelah Anda memasukkan kredensial login untuk akun tersebut, perangkat lunak akan mengimpor transaksi terkini (biasanya selama 90 hari) dan menambahkannya ke register daring. Proses ini tidak semudah di masa lalu. Bank telah memperketat keamanan mereka (yang merupakan hal yang baik), jadi Anda mungkin harus melewati beberapa rintangan untuk terhubung. Terkadang, koneksi terputus, sehingga Anda harus mengaturnya lagi.

  Apakah Anda ingin agar pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit dan penarikan uang melalui bank? Jika demikian, Anda perlu mendaftar dengan pemroses pembayaran seperti PayPal atau Stripe. Tentu saja, layanan ini melibatkan pembayaran biaya transaksi yang dapat sedikit berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

  Anda dapat melakukan pengaturan minimal lalu mulai menerima pembayaran, membuat faktur, dan membayar tagihan. Semua layanan akuntansi yang kami ulas memungkinkan Anda menambahkan pelanggan, produk, dan vendor selama proses penyelesaian transaksi. Anda tetap perlu melakukan ini saat Anda berkembang dan menambah basis data kontak dan produk/layanan Anda. Anda harus memutuskan apakah Anda ingin meluangkan waktu di awal untuk membuat catatan atau meluangkan waktu saat Anda sedang mengerjakan formulir pembelian atau penjualan.

  Sebagian besar layanan akuntansi bisnis kecil juga menawarkan opsi untuk mengimpor daftar yang ada dari file CSV dan XLS, tetapi konfigurasi daftar Anda kemungkinan besar tidak akan sama persis dengan aplikasi Anda. Namun, Anda tetap dapat mengubah bidang yang disertakan dalam daftar Anda.

  Setelah Anda mulai memasukkan catatan dan transaksi, dasbor aplikasi Anda akan menampilkan data Anda. Halaman-halaman ini menampilkan ikhtisar informasi keuangan secara langsung yang perlu Anda lihat secara berkala, termasuk saldo akun, bagan yang membandingkan pendapatan dan pengeluaran, serta faktur dan tagihan yang memerlukan perhatian segera. Halaman-halaman ini bersifat interaktif, artinya ada banyak tautan ke halaman terkait tempat Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan mengambil tindakan.

  Wave (yang dimiliki oleh H&R Block) dulunya merupakan solusi akuntansi gratis terbaik. Perusahaan telah membagi aplikasi tersebut menjadi dua versi. Wave Starter gratis tetapi tidak menyertakan beberapa fitur yang paling berguna, seperti kemampuan untuk mengimpor transaksi dari lembaga keuangan Anda. Aplikasi ini juga mengenakan biaya $8 per bulan jika Anda menginginkan kemampuan untuk memindai dan mengunggah tanda terima pengeluaran, sebuah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi akuntansi bisnis kecil lainnya secara gratis. Wave Pro seharga $16 per bulan, dan aplikasi ini berisi semua alat aplikasi (termasuk mengunggah tanda terima yang dipindai). Jika Anda memerlukan layanan pembayaran dan perangkat lunak penggajian, layanan tersebut dikenakan biaya tambahan, seperti yang selalu terjadi pada Wave.

إرسال تعليق

أحدث أقدم